Manfaat Sistem Informasi Manajemen Bagi Perusahaan

Written by Bejiwa on May 12, 2020 in Karya Anak Muda with no comments.

Untuk mengevaluasi kinerja karyawan, HR Manager terlebih dahulu harus menetapkan standar hingga evaluasi kinerja. Evaluasi atau penilaian kinerja ini merupakan tugas inti dan utama jika dibandingkan dengan fungsi lainnya. HR Manager adalah mereka yang bertanggung jawab atas proses rekrutmen, pelatihan dan pengembangan karyawan; mengelola gaji, pensiun, dan tunjangan; serta menjaga kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan karyawan.

Struktur Organisasi menjelaskan kedudukan dan posisi dari masing-masing anggota. Dalam hal ini melalui bagan struktur organisasi dapat memperluas alur komunikasi antar tim. Komisaris juga memiliki wewenang untuk melakukan pemeriksaan pembukuan, menegur direksi, memberikan arahan hingga memberhentikan direksi dengan menyelenggarakan RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Dalam RUPS, seluruh pemegang saham akan menyampaikan pendapatnya, di RUPS itu juga membahas kinerja termasuk kebijakan perusahaan apa saja yang akan dilakukan kedepannya. Keterampilan teknis merupakan bekal bagi menajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan ini merupakan kemampuan untuk menjalankan sebuah pekerjaan.

Pentingnya manager pada suatu perusahaan

Tentukan prioritas sesuai dengan kepentingan dan mendesaknya suatu pekerjaan. Sama dengan poin sebelumnya, rencana yang dibuat harus sesuai dengan keadaan bisnis. Setiap bisnis bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasarnya, yaitu rasio penjualannya terhadap complete penjualan dalam perekonomian. Misalnya, Pepsi dan Coke saling bersaing untuk meningkatkan pangsa pasar mereka. Untuk ini, mereka telah mengadopsi iklan inovatif, pengemasan inovatif, kegiatan promosi penjualan, dll. Jadi bisa dikatakan bahwa manajemen pemasaran adalah tugas penting dan kreatif untuk memberikan kepuasan konsumen dan dengan demikian menghasilkan laba melalui permintaan konsumen.

Selain bisa digunakan untuk mempromosikan produk, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk membangun komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan, anggaran dapat memberikan pedoman yang berguna baik, bagi manajemen puncak maupun manajemen menengah. Anggaran yang disusun dengan baik akan membuat bawahan menyadari bahwa manajemen memiliki pemahaman yang baik tentang operasi perusahaan dan bawahan akan mendapatkan pedoman yang jelas dalam melaksanakan tugasnya. Di samping itu, penyusunan anggaran memungkinkan perusahaan untuk mengantisipasi perubahan dalam lingkungan dan melakukan penyesuaian sehingga kinerja perusahaan dapat lebih baik. Seorang manager operasional bertanggungjawab atas manajer lain dan karyawan pada suatu bagian dalam organisasi. Sebab kegiatan operasional dalam organisasi merupakan yang paling banyak mengeluarkan biaya, seorang supervisor operasional dituntut untuk mampu mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak.

Setelah melakukan evaluasi, maka akan diketahui beberapa hal yang harus mengalami perbaikan atau bahkan inovasi yang harus dilakukan untuk terus mengembakan perusahaan. Pendekatan perilaku memiliki fokus kepada perilaku calon pemimpin tentang apa yang diperbuat dan bagaimana melakukannya. Pendekatan ini bermaksud mengidentifikasikan perilaku-perilaku yang berhubungan ataupun menghasilkan kepemimpinan yang lebih efektif. Melalui pendekatan ini, keberhasilan dari seorang pemimpin dikatakan bergantung pada perilaku-perilaku yang diterapkannya. Setidaknya, ada 3 pendekatan leadership atau kepemimpinan yang akan menjadi ukuran dalam menentukan kelayakan individu sebagai seorang pemimpin. Pemimpin juga harus bisa mengkomunikasikan misi, visi, dan kebijakan perusahaan dengan jelas kepada para anggota yang berada di dalam perusahaan.

Semua manajer di semua tingkat di setiap organisasi menjalankan fungsi ini, tetapi jumlah waktu yang dihabiskan manajer untuk masing-masing fungsi bergantung pada tingkat manajemen dan organisasi tertentu. Dia perlu terus memeriksa hasil terhadap tujuan dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan untuk memastikan bahwa rencana daerahnya tetap sesuai rencana. Manajer pertama-tama perlu memutuskan langkah mana yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu.

Lebih lanjut, manajer juga bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan para bawahannya. Sukses atau kegagalan bawahan adalah cerminan langsung sukses atau kegagalan manajer. Setiap manajer akan menghadapi sejumlah tujuan, masalah dan kebutuhan organisasional yang semuanya ini bersaing untuk memperebutkan sumberdaya-sumberdaya organisasi .

Wewenang atau kekuasaan itu mempunyai aspek, antara lain wewenang mengambil keputusan, wewenang menggunakan peralatan, bahan dan uang, wewenang memerintah, wewenang pemakaian waktu tertentu dan lain sebagainya. Bahkan dapat dikatakan, delegasi kekusaan merupakan salah satu jalan utama bagi setiap pemimpin untuk percaya akan diri sendiri. Kesanggupan untuk menerima tanggung jawab adalag test pertama bagi seorang pemimpin, tetapi keberanian mendelegasikan kekuasaan kepada bawahan, merupakan tanda nyata seorang pimpinan yang sukses. Melihat kondisi di atas perlu dilakukan suatu upaya harmonisasi yang mengikat sehingga kedepan tidak lagi ada satuan kerja yang saling tumpang tindih .

Merekrut manajer bisnis yang tepat dan tidak boleh diabaikan adalah ambillah dari dalam. Kandidat dari dalam ini jauh akan lebih memberikan loyalitas dibandingkan mengambil dari luar. Hal tersebut terbukti dengan penelitian yang telah dilakukan dimana 10 dari 11 perusahaan yang sudah berkembang dengan besar akan menciptakan eksekutif di dalam perusahaan. Boleh saja Anda sebagai pemilik bisnis melakukan interview terhadap calon kandidat manajer, namun jangan melakukannya sendirian. Interview yang dilakukan sendirian akan menyebabkan hasilnya menjadi kurang maksimal. Agar tidak salah dalam memilih, berikut ini ulasan mengenai beberapa cara merekrut manajer bisnis yang bisa Anda lakukan.

Dengan HRIS, berbagai biaya yang dikeluarkan dan pengembalian uang yang diajukan karyawan, semuanya dapat ditinjau melalui fitur ini. Kemudian, manajer HR atau Keuangan dapat membuat laporan terkait biaya yang dikeluarkan setiap karyawan setiap waktu. Hal ini akan membantu perusahaan dalam mengontrol biaya dan pengeluaran bisnis. Di mana, manajer bisa membuat lembar evaluasi sendiri untuk diberikan ke setiap karyawan.

Comments are closed.