Mungkinkah Milenial Bisa Beli Rumah Di Usia 25 Tahun?

Written by Bejiwa on May 5, 2020 in Karya Anak Muda with no comments.

Sebagian besar orang, biasanya menabung setelah menyisihkan uangnya untuk membayar dan memenuhi kebutuhan bulanan. Tak jarang dana yang tersisa sangat sedikit bahkan kadangkala habis bersih karena digunakan untuk memenuhi keinginan yang tidak begitu penting. Anda juga cenderung membeli rumah daripada yang seharusnya Anda beli. [newline]Bank bersedia meminjamkan Anda lebih banyak uang daripada yang Anda butuhkan untuk meminjam. Perumahan akan menjadi pengeluaran terbesar Anda, jadi cobalah untuk menjaga kredit Anda serendah mungkin. Menjadi kaya muda dengan menghindari pilihan gaya hidup yang mahal, melacak pengeluaran, dan meningkatkan penghasilan.

Contohnya adalah deposito berjangka untuk dana darurat di saat kondisi keuangan tidak stabil. Atau rencana keuangan jangka panjang seperti dana pensiun bisa dibangun dengan membeli saham atau emas. #ZAPFriends, generasi muda masa kini dikenal dengan istilah generasi milenial. Menurut hasil survei dari beberapa literatur, kalangan muda ini memiliki beberapa karakteristik seperti punya perilaku konsumtif dan mudah terbawa pengaruh gaya hidup yang tinggi. Selain itu, kalangan muda cenderung berpendidikan, tetapi lebih suka bekerja paruh waktu atau mudah berpindah kerja karena merasa tidak sesuai dengan passion.

Untuk memiliki rencana keuangan, seseorang harus dapat memprioritaskan tujuan-tujuan utama, menentukan kapan mau diraih, dan bagaimana meraihnya. Seperti dijelaskan diawal, tujuan berinvestasi adalah agar dapat memiliki dana di masa depan untuk konsumsi di masa depan. Namun, apa jadinya apabila kenaikan aset tidak seimbang dengan kenaikan tingkat inflasi? Oleh sebab itu, untuk kebutuhan tujuan keuangan diatas 5 tahun sebaiknya menggunakan aset investasi yang imbal hasilnya lebih tinggi meski pun risikonya juga akan lebih tinggi.

Tentukan jumlah minimal berapa persen yang harus kamu tabung dari gaji bulanan. Lakukan halnya seperti kewajiban yang harus dipenuhi setiap bulannya. Dengan begitu, kamu bisa menabung di awal tanpa menunggu uang terlanjur habis. Jangan tunggu uangmu tersisa untuk menabung namun sisihkan lah uangmu untuk tabungan.

MEndapatkan Gaji di usia yang muda

Dengan demikian, saat kamu terjun ke dalam dunia pekerjaan dan mendapat penghasilan sendiri, penting sekali untuk mengelola keuangan dengan baik. Jika kamu memiliki ide atau bisnis yang ingin dikembangkan maka sekarang saat yang tepat untuk memulainya. Apa pun itu bisnisnya, besar kecil keuntungannya tetap kamu syukuri dan kamu simpan sebagian uangnya untuk berinvestasi demi mencapai kemerdekaan finansial. Kurangi kebiasaan membeli barang-barang yang tidak penting dan tidak terlalu dibutuhkan.

Comments are closed.